Cara mengetahui kadar emas

Emas palsu adalah emas dengan kadar yang sangat rendah, misalnya kadar emas 15% atau kurang.tapi tidak ada ukuran pasti karna yang namanya penipu itu makin lama makin pintar untuk menipu orang lain.Dan kita juga  pasti ingin tahu apakah emas yang akan kita beli atau emas yang sudah kita miliki adalah emas asli.

Sebagai tips awal, jika ingin berinvestasi emas pastikan membeli di toko-toko emas dengan sertifikasi yang sudah terkenal/teruji misalkan kalau di Indonesia ya LM emas keluaran Antam atau dinar keluaran gerai dinar (yang dicetak juga oleh Antam),tapi jangan senang dulu karena sekarang sudah banyak juga marak emas lapisan yg berlogo terkenal.

Tapidengans ertifikasi tersebut paling tidak kita sudah mendapat garansi awal bahwa emas yang kita beli benar-benar asli sesuai spesifikasi yang ada di sertifikat. Tetapi jika ingin memeriksa untuk sendiri juga bisa ,untuk menambah pengetahuan aja.berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri emas asli atau palsu atau berkadar emas rendah.

Untuk kebanyakan orang sudah berpengalaman dalam menentukan kadar mas sering menggunakan batu gosokan dan air raksa/air keras

Menggunakan raksa
Bagi orang belum berpengalaman atau msih nowbie bisa anda lakukan dengan cara cara di bawah ini :
1.Terlihat kode karat mas
Menggunakan lup

Cara paling mudah yang untuk memeriksa apakah sebuah emas asli atau palsu adalah dengan melihat ciri-ciri visualnya. Amati tanda-tanda tertentu yang merupakan ciri emas murni. Biasanya dalam logam mulia atau perhiasan emas ada cap yang menandakan kadar emas, misal dalam fineness  ( 1-999 atau 0.1-0.999) atau dalam karat ( 10K , 14K , 18K , 22K atau 24K ) . Jika tulisan terlalu kecil gunakan kaca pembesar untuk mempermudah pengamatan. Tetapi tidak semuanya memiliki cap, misal model-model lama.

emas palsu bisa jadi juga memiliki cap karat tersebut agar terlihat asli.Cara kedua adalah cek perubahan warna. Gosok dengan jari pada bagian-bagian tertentu atau cari bagian yang kira-kira sering mendapat gesekan, misal sekitar tepi logam mulia atau koin emas. Emas palsu akan menampakkan warna logam lain yang berbeda di bawahnya sehingga terlihat warna emas tidak seragam dan bergradasi.

2.Dengan magnet

Ini adalah tes yang mudah meski tidak menentukan pasti bahwa emas benar-benar asli.
Minimal kita tahu bahwa emas kita bukan logam besi yang dilapisi emas. Gunakan sebuah magnet yang kuat, jangan gunakan magnet-magnet hias yang digunakan di lemari es. Pegang magnet dan arahkan ke emas. Emas bukanlah logam magnetik , sehingga jika emas yang kita uji tertarik ke magnet dan menempel bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu. Namun, sekali lagi, uji dengan magnet ini bukan jaminan karena banyak logam lain juga yang non-magnetik yang bisa digunakan sebagai emas palsu.

3.Dengan berat volume air dan rumus kadar emas

Timbangan air electrik

Cara ini hanya akan akurat jika di saat mencoba berat barang harus lebih dari 10 gram jika tidak maka hasilnya akan jauh dari yg sebenarnya .

Timbangan air manual

Ok kita lajut aja gimna cara melakukannya:

Untuk caranya pertama anda timbang dulu berat emasnya lalu isi gelas atau botol (botol/gelas harus di cuci terlebih dahulu)dengar air mineral biasa,

setelah itu letakan gelas yg berisi di atas timbangan lalu setting timbangan supaya menjadi 0.000,ambil benang ukuran kecil sperti benang nylon ikatkan pada emas yg mau di uji,

gantungkan emas di dalam gelar air yang di atas timbanga jangan sampai menempel kebawah atau jangan terlalu ke atas harus berada di tengah tengah air,

saat timbangan menunjukan angka yang pas berarti itu berat volume emas. Gunakan rumus berat dibagi berat volume emas.contoh berat emas 15 dan berat volume 1.22( 15:1.22=12.2950).menandakan kadar 22% untuk rumusnya saya belum bisa fhoto ..nanti akan saya ..jdi mohon tunggu ya update selanjutnya.singkat harus menunjukan angka 11.0000- 19.8999

4.Dengan menggigit emas ( emas 24k / batangan )

 

Jika Anda melihat di film-film ada orang menggigit emas atau atlit Olimpiade menggigit medali emas yang baru mereka peroleh, hal tersebut lazim dan bukan tanpa tujuan. Gigit emas Anda dengan tekanan yang sedang. Cek apakah emas tersebut terdapat bekas gigitan. Secara teori, jika emas asli maka akan menunjukkan bekas goresan gigi, bekas tersebut semakin dalam jika emasnya adalah murni 24 karat.

Cara mengigit ini tentu bukan tes yang direkomendasikan, karena selain bisa merusak gigi bisa merusak kondisi fisik emas. Dan tentu saja para pemalsu masih bisa menggunakan timah berlapis emas yang juga cukup “empuk” untuk digigit.

5. Tes keasaman dengan nitric acid

Cara membedakan emas asli dan palsu yang terakhir yaitu dengan menggunakan tes keasaman. Tes keasaman ini dilakukan dengan menggunakan bantuan nitric acid yang merupakan senyawa kimia yang cukup berbahaya. Jika Anda ingin menggunakan cara membedakan emas asli dan palsu dengan tes asam, pastikan menggunakan sarung tangan. Untuk melakukan tes ini bisa dilakukan dalam wadah kaca yang sudah diisi cairan nitric acid kemudian masukkan emas yang akan dites. Jika emas yang Anda miliki adalah asli, maka tidak akan terjadi reaksi sedikit pun pada cairan. Namun jika warna berubah ada indikasi bahwa emas Anda hanya logam biasa yang dilapisi dengan emas.

 Anda bisa menggunakan salah satu cara membedakan mas asli atau palsi di atas. Salah satu cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk membedakan mana emas yang palsu dan yang asli. Mengenali perbedaan emas asli dan palsu ini memang agak sulit dilakukan jika Anda masih awal dalam membeli emas. Namun jika Anda sudah terbiasa mengenali emas asli dan palsu maka akan mudah melihat perbedaannya. Sebagai konsumen yang baik, maka Anda harus tetap teliti dan jeli dalam membeli barang termasuk emas. Ikuti cara membedakan emas asli dan palsu di atas agar Anda tidak tertipu dengan emas yang palsu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s