Bahan untuk mengolah kadar emas

example

Jenis perhiasan dan bahan pembuatan

Berdasarkan bahan pembuatannya, ada 12 bahan logam yang umumnya digunakan untuk membuat perhiasan, yaitu :
EMAS
Bahan perhiasan yang satu ini adalah paling juaranya karena harganya yang mahal. Karena harganya mahal, jaman modern sekarang perhiasan emas ini sudah di padukan dengan bahan logam lainnya seperti perak atau bahkan tembaga. Berikut tingkatan perhiasan emas :
Emas murni : perhiasan yang mengandung emas 24karat yang harganya pun terbilang mahal. Tingkat kadar emas yang ada di pasaran perhiasan biasanya 8-18 karat. Jika perhiasan tersebut merupakan perhiasan 8 karat maka kadar emasnya 1/3 dari keseluruhan unsur logam perhiasan tersebut. Jika perhiasan itu memiliki 18k maka kadar emasnya ada 75%.
Emas overlay atau bi-metal : Logam emas yang berfungsi hanya untuk pelapis pada logam dasar. Teknik ini untuk membuat logam dasar tersebut terlihat mahal. Nilai dari perhiasan overlay ini tergantung dari besar kecilnya karat emas yang digunakan.
Perak lapis emas : jenis perhiasan ini sama dengan perhiasan overlay namun ditutupi dengan perak setelah itu ditutup kembali dengan emas kuning. Perhiasan ini lebih mahal dari perhiasan bi-metal lainnya.
PERAK
Perhiasan yang terbuat dari perak ini umumnya mempunyai ciri halus dan berkilau. Perhiasan yang terbuat dari perak juga mempunyai 3 tingkatan sesuai dengan kualitasnya. Berikut tingkatan perhiasan perak :
Perhiasan perak murni : perhiasan yang mengandung perak murni. memiliki kandungan perak 99,9% . Ciri perak murni ini bertekstur lembut dan berkilau.
Perhiasan perak sterling : perhiasan dengan bahan perak jenis ini dipadukan dengan bahan lainnya biasanya tembaga. Kandungan yang ada dalam perhiasan perak sterling ini 92,5% itu perak murni dan 7,5% itu tembaga.
Perhiasan Perak Argentium : perhiasan yang terbuat dari perak jenis ini bersifat anti noda, dan bersifat lebih kasar dari perak sterling.
TEMBAGA
Tembaga merupakan alternatif yang paling bagus untuk penggati emas ataupun perak yang mahal. Selain mahal tembaga pun lebih gampang dibentuk karena lebih lentur dibandingkan dengan logam emas/perak.
PLATINA
Platina merupakan perak alumunium sterling yang terdiri dari 92,5% perak, 1% alumunium, 6,5% bahan lainnya. Perpaduan yang baru ini menciptakan logam yang lebih cerah dan memiliki kemampuan anti noda. Platina ini harganya lebih murah dibandingkan dengan platinum.
KARATIUM
Dalam memenuhi permintaan industri logam akan harga logam yang lebih murah, maka dibuatlah logam jenis baru yang merupakan perpaduan 20% hingga 10% emas dan 2,5% perak. Dengan harga yang murah dibanding emas 10 karat, logam ini merupakan alternatif logam yang bagus karena karatium berbahan dasarkan alumunium yang tidak mudah luntur karena berlapis emas. Karatium diformulasikan untuk pembuatan perhiasan dan anti noda.
STAINLESS STEEL
Stainless steel merupakan perpaduan antara besi dan karbon. Banyak yang menggunakan stainless steel untuk bahan dasar pabrik, struktur baja dan manufaktur. Seniman perhiasan pun mulai menggunakan stainless steel untuk bahan dasar pembuatan perhiasan karena kekuatannya dan biaya yang rendah juga warna abu-abunya yang menarik sehingga stainless steel adalah alternatif yang baik untuk membuat perhiasan.
TITANIUM
Titanium adalah logam yang paling kuat saat ini. Titanium mempunyai warna abu-abu yang menarik yang membuat perhiasan terlihat modern. Titanium mempunyai sifat korosi, noda, dan tahan perubahan warna. Maka dari itu titanium menjadi alternatif yang baik untuk cincin couple/cincin kawin.
PALLADIUM
Warna peraknya menjadikan palladium sebagai bahan perhiasan emas putih yang berkilau. Karena palladium mempunyai warna yang cerah dan tahan lama, logam ini menjadi bahan dasar yang sempurna untuk membuat perhiasan dalam pernikahan.
PERUNGGU
Perunggu digunakan sebagai bahan dasar pembuat gelang, gelang kaki, anting-anting dan juga kalung manik-manik. Karena warna dan teksturnya yang menarik menjadikan perunggu ini tak lekang oleh jaman.
KUNINGAN
Kuningan merupakan campuran tembaga dan seng lalu menghasilkan kilau seperti emas. Kuningan bersifat mudah dibentuk, daya kilau tinggi, sehingga menampilkan kilau emas yang bagus.
ALPACA
Alpaca merupakan perpaduan tembaga, nikel, seng dan timah. Biaya pembuatannya yang cukup murah membuat logam jenis ini cocok untuk menjadi bahan alternatif pembuatan perhiasan.
TIMAH
imah merupakan perpaduan tembaga dan perunggu. Logam ini sering kali digunakan untuk membuat perhiasan cincin dan liontin. Jika dipoles dngan sungguh-sugguh, tiah akan menghasilkan kilau yang baik, kemilau timah mendekati kemilau perak elegant halus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s